Selasa, 11 September 2012

Automasi Perpustakaan



            Banyak orang tahu akan perpustakaan, banyak orang paham akan perpustakaan, banyak orang bilang sudah memanfaatkan perpustakaan (dulu waktu sekolah), banyak yang bilang buat apa datang  ke perpustakaan, Bahkan ada mahasiswa perpusakaan aja belum pernah masuk ke perpustakaan tapi bilang saya saya calon pustakawan. Sungguh sungguh miris membacanya. Tapi menurut begitulah realita yang ada, bahkan perpustakaan tidak jarang hanya di jadikan sebagai tempat membaca Koran gratis (bagi beberapa orang).
Perpustakaan berasal dari kata pustaka, yang berarti kitab, buku. Kemudian di beri awalan per- dan akhiran –an sehingga menjadi perpustakaan. Perpustakaan mengandung arti 1. kumpulan buku-buku bacaan. 2. Bibliotek, dan 3. Buku-buku kesusasteraan. (Kamus Besar Bahasa Indonesia; 2005:912). Sedangkan menurut Sulistyo Basuki, “Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual” (1991:3).
Automasi perpustakaan terdiri dari dua suku kata yaitu automasi dan perpustakaan. Dalam  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) “otomasi juga di sebut otomatis adalah secara otomat atau bekerja sendiri.; dengan sendirinya”. Sedangkan menurut Sulistyo Basuki, “Automasi perpustakaan adalah salah satu aspek pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan perpustakaan mulai dari pengadaan pengatalogan hingga ke jasa pelayanan informasi bagi pembaca. Atau sering juga disebut dengan istilah komputerisasi perpustakaan” (1995: 96). Sedangkan dalam tulisannya tentang otomasi perpustakaan Harmawan, menjelaskan “Sistem Otomasi Perpustakaan atau Library Automation System adalah software yang beroperasi berdasarkan pangkalan data untuk mengotomasikan kegiatan perpustakaan” (2008:1).
Namun secara singkat otomasi perpustakaan adalah pemanfaatan media teknologi informasi (komputer) dalam kegiatan perpustakaan dengan bantuan software automasi pengolah basis data perpustakaan. Adapun contoh software automasi perpustakaan sekarang banyak yang gratis. Dapat anda download di sini
ingin melihat artikel lainnya di
http://khasanboement.wordpress.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar